Tuesday, September 30, 2014

OpenWrt HG553 Plus OpenVPN Mikodemos Scrypt

Kali ini saya hanya ingin berbagi firmware khusus buat HG553 yang sudah ditambahkan Scrypt dari Bro Mikodemos. Fungsi utamanya barangkali digunakan untuk 'bergretong ria', tapi di post ini bukan itu intinya.

Coba perhatikan screenshot di samping, dan jangan terkejut ampe nangis ya liat speednya. Itu adalah koneksi internet menggunakan openvpn. Nah, inilah yang ingin saya sampaikan. Dengan bantuan Scrypt dari Bro Mikodemos ini, kita dipermudah untuk melakukan koneksi ke server openvpn (*selebihnya anggap saja bonus ya).

Tidak perlu susah-susah akses router lewat ssh (putty) atau winscp untuk mengupload config. Tinggal klak klik kluk saja, semua bisa dilakukan lewat sini. Adapun di firmware ini, saya hanya menambahkan scrypt (perlu digaris bawahi kayaknya), karena bukan saya yang menulis scrypt ini. Jadi, bersyukurlah kita yang hanya tinggal menikmati hasil kerja keras teman kita ini. Oh iya, berikut yang mungkin perlu juga diketahui:
  • Akses pertama ke LuCI di alamat http://192.168.1.1/cgi-bin/luci. Jika sebelumnya sudah tercache di browser barangkali akan diredirect otomatis, tapi jika ternyata tidak (redirect malah ke halaman login scrypt), maka akses saja LuCI lewat link itu.
  • Wireless saya setup dengan ID "HG553", passwordnya: "silakanpak" (tanpa tanda kutip pastinya). Maaf, bukan berarti saya melecehkan ibu-ibu atau saya ini anti gender, tapi tadi otak saya mikirnya sumpek banget dah, barangkali karena pengaruh sakit mata, jadinya bikin password pun asal jadi gitu dan apa yang lewat di pikiran saja.
  • Login ke halaman Scrypt menggunakan user & pass default: admin.
  • Free space di router di kisaran 5.3 MB, mudah-mudahan cukup buat teman-teman bermain di paket-paket lain. Nggk banyak juga sih sebenarnya yang terinstall default di firmware HG553 ini, misalnya Samba, HD-Idle, dan Print Server.
  • Mohon maaf, akses ke statistik sepertinya korrup (ada paket yang kurang, bukan karena saya sunat).
Baiklah, karena temanya tentang OpenVPN, selanjutnya ada baiknya saya terangkan juga cara setting awal di halaman scrypt yaitu:

Profile
Yang pertama, kita set dulu Port Modem dan Interface gsm (klik di Menu > Profile). Sesuai dengan konfigurasi yang saya buat di firmware remake ini, Port Modem untuk Huawei biasa di angka tertinggi (misalnya terdeteksi dari ttyUSB0, lalu ttyUSB1, selanjutnya ttyUSB2, maka yang kita pilih adalah ttyUSB2 yang nantinya digunakan untuk melihat Status Modem atau mengirim SMS misalnya). Sedangkan Interface gsm adalah "Huawei" sesuai dengan koneksi yang ada di tab Network (LuCI). Interface gsm ini gunanya untuk dialup (terhubung ke internet).

Setelah keduanya diset, selanjutnya adalah menambahkan account OpenVPN. Klik di "Accounts".

Accounts
Sudah ada sample-client.ovpn di sana. Tinggal kita tambahkan (Choose File + Upload) config dari server openvpn yang kita miliki dengan sebelumnya mengeset auth-user-pass ke file.txt dan ca.crt nya (saya rasa bagian ini tidak perlu dijelaskan ya, yang hobby bermain di OpenVPN pasti udah ngerti). Ketiga file ini (file.ovpn, ca.crt, file.txt) akan terupload ke folder yang saya di /root/crt.

Jika sudah diupload, aktifkan config dengan memilihnya di dropdown "Config:" lalu "Save & Apply". Selanjutnya klik Status, pilih profile yang akan digunakan, silakan diklik "Start", setelahnya saya yakin akan mengerti sendiri. Enjoy and have fun!


NB:
Dari tadi kok ngoceh terus ya, link firmwarenya mana? Hahaha! Hampir kelupaan:
OpenWrt HG553 + Mikodemos Scrypt (Maaf tidak pake masking url, pake hotlink doang).
Jangan lupa, cek Update Scrypt dan Update Web di Profile.
Thanks to Mikodemos Ragil for making things easier!

Warning!
Nge-BRICK saya nggk tanggung jawab ya.
Digunakan buat gretongan saya juga tidak tanggung jawab lho!

21 comments:

  1. mas mau tanya cara buat firmware .bin yang kyk firmware di atas gmn y buatnya??pngen buat sendiri firmwarenya, mohon bimbingannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya ngikut tutorial dari wiki openwrt yg ini bro:
      http://wiki.openwrt.org/doc/howto/build

      Silakan dicoba.

      Delete
  2. Replies
    1. silakanpak, seperti yg saya tulis di atas.

      Delete
  3. min mengeset auth-user-pass ke file.txt maksudnya gmana..tolong min belum ngerti,,mentok disini

    ReplyDelete
    Replies
    1. edit file konfigurasi openvpnnya, tambahkan baris itu:
      auth-user-pass file.txt
      (ada spasi sebelum file.txt)

      file.txt diisi dengan 2 baris:
      username
      password

      upload file.txt bersama dengan file konfigurasinya juga.

      Delete
    2. gak ngerti min..
      tolong kasi gambarnya min

      Delete
  4. ini keadaan router sudah di flash openwrt standar?
    atau dari original firmware langsung flash aja?

    ReplyDelete
  5. Mas, koq di saya yang keluar malah luci-cgi, bukan seperti screenshoot itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk login ke Scrypt lewat link ini bro:
      http://192.168.1.1/login.php

      Oh iya, ada firmware khusus Scrypt racikan bro Miko, silakan dicoba bro...

      Delete
  6. minta bantuanya saya pake HG553 dengan modem huawe e220, bagaimana menyambungkanya biar bisa conect. makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dimatiin aja zerocdnya bro:
      http://openwrt.pedode.com/p/atcmd.html

      Moga manjur.

      Delete
  7. OpenWrt HG553 + Mikodemos Scrypt
    kook gak mau disedot ya bos..
    mohon minta link nya donk boss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake yg di grup OpenWrt Indonesia di FB aja gan, lebih update daripada yg saya build. Soalnya untuk paketan buat install via opkg nya udah update semua dari OpenWrt klo nggk salah.

      Delete
  8. Min ini bisa untuk mr3420v2.4 gag, n klw bisa updet dari huntsman gimana, posisi ane di huntsman, apakah harus konec internet n supaya di broser gag cari encrp, apa harus kehttp://192.168.1.1/login.php

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan bro, MR3420v2 coba cari filenya di Group OpenWrt Indonesia di FB. Kalau yg ini hanya untuk HG553.

      Delete
  9. edit file konfigurasi openvpnnya, tambahkan baris itu:
    auth-user-pass file.txt
    (ada spasi sebelum file.txt)

    file.txt diisi dengan 2 baris:
    username
    password

    upload file.txt bersama dengan file konfigurasinya juga.

    itu gimna boss maksudnya,
    saya masih kurang paham
    tolong kasi kambar boss

    ReplyDelete
  10. Om, Sudah request Join di OpenWRT Indonesia group facebook tapi blm di aprove
    Mohon bantuan nya yaa
    Mau update firmware HG553 niyy
    Thankssss
    user : https://www.facebook.com/radanserv

    ReplyDelete
  11. terimaksasih, om budiarno. Postingan yg sangat membantu untuk para newbie :D

    ReplyDelete
  12. bro bisa minta tolong, dl sy pasang router movistar openwrt Luci tetapi skrng tiba2 jadi mikodemos itu, pdhal sy gak ada flash atau apa, apa visa sibantu mengembalikan ke Luci. trims

    ReplyDelete

Popular Posts