Tuesday, October 6, 2015

Install OpenWrt di Option GlobeSurfer X.1

Berhubung banyaknya permintaan untuk melakukan installasi OpenWrt di router mungil Option GlobeSurfer X.1 dan sejenisnya (logo lain, misalnya STC), maka saya coba tulis tutorialnya sesederhana yang saya bisa. Mohon maaf kalau ada bahasa yang kurang jelas, harap dimaklumi ya. Nah, langsung ke pokok acara saja, jangan terlalu panjang dan lebar (nasihat pak ustad dari provinsi sebelah kepada saya: kalau terlalu panjang ibu-ibu nanti menjerit, dan jika terlalu lebar pula nanti bapak-bapak pada ngeri). Maaf beribu maaf, ngeBRICK saya tidak tanggung ya bos.

Persiapan:
  • Software TFTP Server
  • PuTTy atau Terminal dengan Minicom
  • File OpenWrt GSX1 (bisa didownload di sini untuk versi huntsman)
  • Kabel USB TTL
  • Kabel LAN
  • Obeng Plus
  • Air Putih (barangkali haus)

Baiklah, setelah persiapan, yuk kita mulai dengan membongkar router menggunakan obeng. Cari dan temukan letak 'sekrup' di bagian bawah router, tepatnya seperti foto berikut ini (maaf kalau fotonya kabur, cuma 3MP kameranya):

Letak sekrup Option GlobeSurfer X.1

Setelah itu, buka casing dan cabut kabel ke USB:


Selanjutnya adalah menghubungkan pin-pin serial yang ada di board (saya menggunakan CH341 pengganti usbttl yang rusak, kapan-kapan deh baru beli lagi):



Perhatikan letak-letak pinout: 3V, GND, RX, TX yang masing-masing sudah ditandai dengan tulisan tersebut (tidak susah lagi nyari satu per satu). Abaikan foto di bawahnya ya, itu saya menggunakan male pin karena tidak punya kabel khusus yang male. Koneksi pinnya seperti ini:
Tx ==> Rx
Rx ==> Tx
GND ==> GND
3.3V ==> 3.3V

Jika koneksi serial sudah cocok, coba ditest menggunakan PuTTY:
Serial line: /dev/ttyUSB0 (sesuaikan dengan letak port di PC masing-masing)
Speed: 57600


Colok kabel usb, buka PuTTY, hidupkan router (colok adaptor ke listrik):


Jika hasilnya seperti screenshot di atas, berarti sudah siap untuk melakukan proses install firmware OpenWrt GSX1 berikutnya. Baiklah, untuk contoh saja, saya akan memberikan nama filenya: owgsx1.bin.

Setup ethernet dulu ya, IP statis seperti berikut ini:


IP: 10.10.10.3, Netmask: 255.255.255.0, dan Gateway biarkan saja kosong. Saya pilih IP ini karena IP itu default dari bootloader ralink. Boleh saja dirobah dengan mengetikkan IP sesuai kemauan masing-masing, tidak ada yang larang kok bos. Eh, jangan lupa matikan dulu routernya ya setelah test PuTTY tadi, konekkan kabel LAN dari PC ke router.

Buka lagi PuTTY (jika sudah keburu ditutup), saya pake Terminal+Minicom saja. Hidupkan router, dan perhatikan ada tulisan "Please choose the operation... bla bla bla", segera tekan angka '2' di keyboard untuk memilih "Load system code then write to Flash via TFTP".


Perhatikan setelah memilih '2', maka kita akan dikasih peringatan, tekan saja "Y" tanpa basa-basi. Selanjutnya, isikan data-data yang direquest oleh router. Nah, karena saya sudah menggunakan IP default, yang saya lakukan hanya tinggal menekan ENTER pada setiap permintaan IP. Sedangkan nama file disesuaikan dengan nama file yang sudah saya persiapkan di root tftp gui (tftp server):


Jika sudah, selanjutnya jalankan TFTP Server, dan ENTER setelah mengisi nama file (pada contoh: owgsx1.bin). Router akan melakukan request pada IP Server (10.10.10.3) yang sudah kita setting tadi, jika tidak otomatis konek, silakan dikonekkan manual. Setelah ethernet konek (pastikan kabel LAN dicolok pada port ethernet yang dekat POWER, bukan di dekat USB), maka akan berlangsung proses transfer file dari TFTP Server ke router dan installasi akan berjalan otomatis.


Silakan menunggu sampai router reboot dan sukses dengan firmware baru yaitu OpenWrt GSX1. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Mohon maaf sekali lagi, resiko gagalnya adalah ngeBRICK seandainya salah pilih angka pada boot awal. Perhatikan pilihan berikut ini:
Please choose the operation:
   1: Load system code to SDRAM via TFTP.
   2: Load system code then write to Flash via TFTP.
   3: Boot system code via Flash (default).
   4: Entr boot command line interface.
   7: Load Boot Loader code then write to Flash via Serial.
   9: Load Boot Loader code then write to Flash via TFTP.
Harap diperhatikan dengan sebaik-baiknya, jangan sampai memilih angka yang berisi baris "Load Boot Loader ......" karena itu adalah untuk mengupgrade bootloadernya. Jika bootloader rusak, maka router akan brick total (sepertinya belum ada cara yang mudah untuk mengembalikan router ke posisi normal selain via SPI Flash).

Sekali lagi, harap berhati-hati. EOF.

24 comments:

  1. Nah ini yg sy tunggu2.. Makasih tutornya mas.

    ReplyDelete
  2. ada solusi untuk kecepatan tingkat tinggi... nga sempat nekan angka 2
    DKU5 driver prolific

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belomba dengan terminal atau memang tidak ada respon dari terminal ya? Soalnya pada beberapa kasus saya pernah mengalami saat boot tidak bisa menekan angka, tapi pas udah di dalam (booting sudah selesai) baru bisa ngetik. Kalo kasus gini saya tidak merekomendasikan, takutnya ntar routernya malah nge-brick.

      Delete
  3. Mas punya saya ga ada tampilan di putty sama sekali kenapa ya?
    Yang disambungkan ke usb to ttl 3V, GND, RX, TX semuanya atau hanya TX, RX, GND ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sambungkan semua, jangan sampe kebalik ya.

      Delete
  4. Mau tanya? apakah Ubootnya harus diupdate ke versi tertentu dulu atau langsung install OpenWRT sesuai tutor diatas? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya tidak perlu, hanya saja karena sewaktu upgrade waktu itu ethernet di netbook saya tidak kedetek, jadinya saya upgrade dulu ubootnya.

      Delete
  5. gan boleh minta kode unlock nya gak,saya menggunakan router option Globesurfer X1,tetapi masih terkunci di bagian:wwan control.mohon bantuan nya gan,terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. gan boleh minta kode unlock nya gak,saya menggunakan router option Globesurfer X1,tetapi masih terkunci di bagian:wwan control.KODE SNR:WF1Z9CEOML,FCC ID:NCMOGS1001,MOHON BANTUANA NYA GAN TERIMA KASIH

      Delete
  6. Mas. Saya kan punya GlobeSurfer X.1 mau saya install openwrt. Tp saya masih bingung ama tutorial diatas. Saya belum begitu paham. Boleh nanya2 gak mas mungkin via email atau whatsapp?

    ReplyDelete
  7. ada yang bisa share backup setting.dat Lan saya tidak bekerja di firmware original. thanks

    ReplyDelete
  8. Collected errors:
    * satisfy_dependencies_for: Cannot satisfy the following dependencies for kmod-mmc:
    * kernel (= 3.18.23-1-b26e7eea6fef8f04502f65d1115c0f1c) *
    * opkg_install_cmd: Cannot install package kmod-mmc.
    kalau begini apanya yang salah

    ReplyDelete
    Replies
    1. kernelnya udah beda antara paketan yg akan diinstall dengan yg ada di router.

      Delete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. os nya di falshdisk, caranya gimana gan?
    (klo di rom cepet rusak kena dataretency)

    ReplyDelete
  11. Bang kalo ini router di jadikan penerima wifi bisa ga? Jadi maksud saya. Router option globe saya koneksinya ke pc pake kabel rj45. Lalu untuk koneksi internet diambil dari router huawei.

    ReplyDelete
  12. halo gan,
    di link download ada 2 file open wrt,huntsman dan MAXX bedanya apa ya?
    kalau yg MAXX apa sudah di test dan tidak ngebrick gan?

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. gan boleh minta kode unlock nya gak,saya menggunakan router option Globesurfer X1,tetapi masih terkunci di bagian:wwan control.mohon bantuan nya gan,terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sampai skrg blm bisa nemu unlock kode nya

      Delete
  16. Boleh tau cara pasang usb ttlnya mas? Pake kabel jumper male female bisa kah?

    ReplyDelete

Popular Posts