Tuesday, October 9, 2012

TL-MR3020 with ZTE-MF627

Saya bukan tidak menyukai firmware ori buatan para ahli di TP-Link, tapi suer, saya sebenarnya hanya "penyuka" Linux, jadi setiap hardware yang saya gunakan kalau boleh semuanya serba Linux. Sampe-sampe terakhir kali saya kasih nama anak saya Linux Debian (asli lho itu namanya tertera di Akta Kelahirannya) walaupun dia bukan hardware. Hehehe!

Saking hobbinya, begitu TL-MR3020 nyampe di rumah, nggk sampe 5 menit langsung saya flash menggunakan OpenWRT khusus buat TL-MR3020 yang dibikin Cindy (thumbs up for you Sis).


Kekurangannya nggk bisa konek stabil 3G di Huawei E226 (emang dari sananya, saya liat keluhan di forum openwrt juga di modem jenis ini). Kebetulan saja saya punya modem lainnya yaitu ZTE-MF627 yang saya beli beberapa tahun silam (modem kuno ya?!). Menggunakan modem ini ternyata cukup dan sangat stabil tanpa harus ngerobah settingan di Wifinya sama sekali. Koneksi sampe 3 jam tidak mengalami kendala sama sekali.


Beda dengan Huawei E226 yang tidak bisa disandingkan dengan Wifinya, dimana koneksi 3G akan terputus ketika Wifi dinyalakan. Udah saya coba dengan merobah settingan Wifi tetap saja penyakit ini belum sembuh (semoga di rilis OpenWRT berikutnya udah bisa diatasi).

Selanjutnya, saya pikir ada baiknya saya pake router ini untuk berbagi dengan tetangga saya, hitung-hitung memasyarakatkan internet lah. Tinggal setting seperti biasa (saya gunakan EeeWRT x86 untuk koneksi utama tanpa VPN, sedangkan 3020 saya jadikan client dengan VPN). Moga ada yang mau konek ntar akhir pekan. Soalnya berbagi yang gratis ini susah lho ada yang mau. Suerrr deh, entah kenapa saya kasih gratis aja nggk laku, gmana kalo saya minta bayar alias jualan ya?!



Enjoy the Freedom!

9 comments:

  1. Mau tanya, firmware openwrt MR3020 bikinan cindy bisa di download dimana? mau sy coba di routerku dengan modem smartfren EC176-2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan mas bro:
      http://download.hackshare.org/index.php?direction=0&order=nom&directory=OpenWRT%2Fcindy%2Ffirmware&

      Pilih aja mau pake "Adj-Beta" atau langsung "Tropicana" di foldernya masing-masing ada buat MR3020

      Delete
  2. Replies
    1. Waduh, nggk tau saya bro, nggk pernah coba. Tapi berhubung ini firmware lama, mending pake yg terbaru aja.

      Delete
  3. gan habis tk upgrade koq ga mau konek sama routerx.. IP x brpa gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. IP nya: 192.168.1.1 gan.. coba konek pake kabel LAN dulu

      Delete
  4. kalau modemx pakek vpn gimana settingx gan..

    ReplyDelete
  5. Mas, ada setting2 khusus nggak untuk ZTE MF627 nya?
    Saya pakai MR3420 + ZTE MF627, pakai firmware bawaan TPLInk normal dan lancar. Tapi pakai openwrt (berbagai macam versi saya coba, termasuk versi cindy wijaya ini), masih belum bisa konek juga.

    Pakai versi huntsman 21 Juli 2013 http://ofmodemsandmen.com/downloads.html langsung terdetek (dicek di Modem - Information), tapi tetep tidak bisa konek juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling bandel modem yg satu ini mas, satu-satunya solusi cuma matiin ZeroCD nya lewat command line.

      Delete

Popular Posts