Sunday, December 14, 2014

U-Boot untuk Sharing Dock R101

Melanjutkan posting sebelumnya tentang Sharing Dock R101, pada akhirnya saya upgrade juga bootloadernya ke U-Boot. Tadinya saya pikir bisa upgrade bootloader langsung lewat recovery web BrnBoot, tetapi dugaan saya salah karena ternyata ada proses pengecekan oleh bootloader yang ini.

Alhasil, saya compile dulu U-Boot dari SDK Ralink Rt3052 yang selanjutnya saya upgrade lewat serial di BrnBoot. Bootloader pun sudah berganti ke U-Boot.

Hanya saja, saat coba compile lagi U-Boot pake source code dari Wive-NG, ternyata malah bikin router nge-brick, led tidak nyala. Seolah-olah semuanya mati, ya mati total. Tetapi ketika Wireshark saya jalankan, router bisa dikoneksikan lewat LAN di IP Statik (walau tidak bisa diping). UART juga tidak berfungsi. Ya, benar! Sebut saja lah 'mati total'.

Malangnya lagi, kabel DKU-5 dan USB to TTL saya ikutan hangus. Hah! Lengkap sudah 'penderitaanku'. Terpaksa beli lagi USB to TTL dulu baru nanti dilanjutkan lagi.

Nyari-nyari referensi dulu buat ngeflash langsung ke eeprom router yang udah nge-brick ini (total ada dua router brick, yang satunya GlobeSurf X.1). Saya tidak terlalu pandai main solder, apalagi modalnya hanya solderan biasa (tidak punya Hot Air alias blower). Kalau mau lepas IC tersebut menggunakan solder ini, mau tidak mau harus beli peralatan tambahan lainnya. Oleh karena itu, saya googling nyari referensi lagi, barangkali raspi yang saya punya bisa digunakan sebagai eeprom programmer tanpa harus melepas IC dari board.

Hasil googling menuntun saya untuk beli 'test hook clip':


Alhamdulillah, di Tokopedia ada yang jual, walaupun posisi penjual hanya ada di Blitar (lumayan jauh juga kali ini). Ada sih semalam nemu yang di Bekasi, tapi clipnya yang tidak pake kabel (tidak cocok dengan keinginan dan keperluan saya). Tinggal menunggu kedatangan barangnya baru bisa experiment lagi.

Selanjutnya, saran saya, kalau tidak ingin mengalami kejadian 'mati total' gini, ada baiknya cari info sebanyak-banyaknya dulu tentang U-Boot yang akan dipasang di board ini.

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts