Thursday, December 18, 2014

Write SPI Flash - Sharing Dock R101 dari Raspi

Beberapa hari yang lalu Sharing Dock R101 yang saya upgrade bootloadernya brick (tidak bisa boot dah). Pusing mikirinnya, apalagi saya ini tidak termasuk pendekar solder (kalo nyolder kayak ayam matok di tanah makan beras). Setelah pikir punya pikir, dan nemu yang namanya test hook clip itu, akhirnya dapat juga barangnya tadi siang.

Tidak lama berselang, tak sabar lah mau praktek. Ini pengalaman pertama soalnya berurusan dengan SPI Flash Chip. Beberapa kali coba gagal tenan gan (gara-gara salah kait ke kaki ICnya). Hampir putus asa soalnya IC tidak terbaca di raspi. Eh, setelah diteliti dengan saksama, ternyata kait ke pin 1 dan 2 ketukar. Fiuhhh!!!

Setelah kedua kait saling tukar, akhirnya IC kebaca (lega!!!). Tinggal menyesuaikan command 'flashrom' di raspi menyesuaikan dengan size file dan size flash. Maaf gan, langkah-langkah yang saya lakukan tadi tidak sempat dicapture (ampun, lupa banget dah). Tapi baris per baris perintah di command line terminal linux mint saya kira-kira seperti ini:

sudo modprobe spi_bcm2708
modprobe spidev
(kedua baris command line di atas sesuai petunjuk flashrom)

flashrom -p linux_spi:dev=/dev/spidev0.0
(mendeteksi flash lewat raspi)

flashrom -p linux_spi:dev=/dev/spidev0.0 -c MX25L3205D/MX25L3208D -w newboot.img
(menulis file newboot.img ke flash lewat raspi)

Kalo ini, perintah di command line terminal linux mint di folder uboot saya:
truncate -s +4092984 newboot.img

Tertulis +4092984, itu adalah penambahan size file newboot.img yang sebelumnya hanya 101320 Byte agar bisa ditulis lewat flashrom di raspi.

Itu aja deh, kelanjutannya nanti kalau OpenWrt sudah berhasil dijalankan di Sharing Dock R101 ini. Oh iya, untuk letak kait ke IC bisa dilihat di foto ini:


Owalah, gelap ya...! Hehehe! Kamera hp murahan soalnya. Liat ini aja deh biar lebih jelas:


Kalau masih kurang jelas, silakan masuk ke webnya FlashRom.Org.

Bye bye!

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts