Thursday, March 10, 2016

Solusi Modem Idle, Koneksi Terputus

Sering mengalami koneksi terputus dan tidak bisa konek lagi kecuali modem dicabut lalu colok kembali? Kalo iya, berarti kita mengalami kasus serupa, dan sebel juga musti colok cabut colok modem terus-terusan.

Saya mengalami hal ini pada dua router yang saya gunakan:
Option GlobeSurfer X.1 + ZTE MF627 + Axis
HG553 + Huawei 226 + Axis

Entah kurang daya, atau memang sudah error darisananya, yang jelas pada led modem ZTE selalu mati setelah beberapa waktu modem digunakan (modem kepanasan juga sih). Mengatasi hal ini, saya pake script yang diposting bro Tisaros Kaskus di group OpenWrt Indonesia di FB, dan saya edit sedikit seperti di screenshot. Silakan diedit sesuai dengan keperluan masing-masing, baris inti ada pada "usbreset" (opkg install usbreset dulu jika belum terinstall di routernya).

usbreset 12d1:1001

Bacanya bisa via lsusb, dimana pada contoh di atas artinya: ProductID 12d1 dan VendorID 1001. Script lengkap seperti ini bisa juga dipake:
#!/bin/sh
nogoklok="60"
while true;do
         if ! ping -q -c 1 -W 60 8.8.8.8 &>/dev/null;then
                   profile stop &>/dev/null
                   sleep 5 &>/dev/null
                   usbreset 12d1:1001 &>/dev/null
                   sleep 20 &>/dev/null
                   profile start &>/dev/null
         fi
         sleep $nogoklok &>/dev/null
done
Pada baris "profile stop" dan "profile start" itu karena saya menyesuaikan dengan HG553 yang sudah terinstall Scrypt Mikodemos. Ganti saja pake "ifup dan "ifdown" juga bisa sesuai dengan nama koneksi di routernya. Sedangkan baris "sleep $nogoklok &>/dev/null" itu saya suka-suka saja, silakan klo mau diedit juga.

Dah, segitu aja ya, pintar-pintar mengedit saja. Oh iya, script asli ada di sini:
Koneksi mode on demand + Anti Idle

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts