Thursday, July 20, 2017

ZTE MF823 Cocok dengan MoviStar ASL26555

Lama tidak main-main dengan router OpenWrt, akhirnya punya juga modem 4G buat ditest menggunakan router murah meriah MoviStar ASL26555.

Modemnya juga alhamdulillah, dapat harga murah meriah dari Pak Hans Parabola. Pokoknya kali ini benar-benar terasa berkah dapat alat baru yang bisa saya gunakan buat oprekan di OpenWrt ini.

Modem ini menggunakan 'rndis' (kalau tidak salah saya itu istilah yang digunakan secara teknis pada linux), dan kebetulan untuk keperluan itu sudah ada pada firmware OpenWrt yang dulu pernah saya compile. Jadi, cukup colok saja modemnya, langsung konek antara router ke modem dan modem ke internet tanpa sutang seting lagi.

Cukup stabil, saya setting LTE Only supaya tidak bolak-balik tukar jaringan, menggunakan kartu TRI. Untuk Telkomsel sepertinya musti ditambah 'pigtail' lagi supaya bisa dapat sinyal (untuk kali ini Telkomsel agak ketinggalan lah dari TRI di tempat saya).

Router MoviStar yang digunakan ini hanya sebatas untuk koneksi internet, tidak ada fitur-fitur lain yang saya gunakan (baik itu media server, print server, dan lain sebagainya). Sepertinya lain waktu saya butuh satu lagi modem ZTE MF823 ini. Recommended untuk yang tidak ingin pisang pusing seperti saya.

1 comment:

Popular Posts