Sunday, October 19, 2014

Recovery Flash via LuCI

TL-MR3420v1 + OpenVPN
Ada baiknya, jika ingin ngeflash firmware OpenWrt, pastikan ada LuCI yang secara default sudah termasuk dalam paket firmware. Hal ini akan sangat bermanfaat ketika terjadi soft-brick yang kadang walaupun sudah kita dapatkan firmware yang cocok tetap saja terjadi. Tambahan lagi bricknya router ini jadi ketakutan tersendiri bagi teman-teman yang baru mau berkenalan dengan OpenWrt.

Hari ini saya coba build firmware untuk 3420v1.1 yang saya punya di rumah. Lama sudah tidak saya gunakan, bahkan firmware OpenWrt terakhir tergolong sudah ketinggalan sepertinya (firmware dua tahun yang lalu lho!). Ceritanya, saya pengen ganti firmware untuk bikin extroot dan ingin memfungsikan router ini sebagai mediaserver. Beberapa bagian router ini sepertinya sudah rusak, salah satunya di LAN yang sudah tidak bisa lagi menggunakan dhcp dan led di port nomor 3 menyala terus (tidak bisa dimatikan) sejak ada petir yang telah menewaskan beberapa peralatan elektronik saya di rumah.

Build firmware MR3420v1 ini adalah yang pertama, eh malah tidak sempurna pula. Tujuan build firmware ini cuma ingin agar router ini support extroot dan modem hsdpa saja, selebihnya nanti akan diinstall ke extroot (flashdisk 1 GB yang dibagi 2 partisi).

Karna ngebrick, maka yang saya lakukan adalah mencari cara termudah dan paling ringkas agar router bisa diakses kembali. Beberapa cara telah teman-teman posting di group, misalnya di doc yang ini (buat v2 jadinya tidak cocok). Googling pake keyword "how to flash mr3420 from failsafe" juga tidak begitu membantu, karena saat saya failsafe pun tidak bisa memperbaiki kesalahan saya dalam build firmware ini (entah mengapa tidak ada file configurasi network di firmware yang saya build).

Terakhir saya jadi kepikiran ke LuCI yang sudah included di firmware pertama saya ini. Nah, dari sini saya masuk recovery (failsafe), lalu memeriksa apakah uhttpd sudah jalan (ps|grep uhttpd). Jika belum, maka tinggal jalankan perintah:
/etc/init.d/uhttpd start
(atau tadi saya cd dulu ke /etc/init.d/ baru start uhttpd dari sana)
Jalankan uhttpd
Setelah itu bisa mengakses luci di http://192.168.1.1/cgi-bin/luci, dan melakukan upgrade firmware dari sana:
Akses LuCI Login Page
Backup / Flash Firmware - Buang Centang "Keep settings"
Lanjutkan dengan proses flash
Biarkan sampai router reboot
Hasilnya - router kembali normal
Sebelumnya saya gunakan firmware dari Cindy yang sudah ada OpenVPN di dalamnya, berhubung config network di firmware yang saya build malah kosong, maka setelah berhasil mengembalikan ke firmware awal tersebut (membuang centang "Keep settings"), tidak lupa centang "Keep settings" ketika mengupload file firmware untuk kedua kalinya. Hal ini dimaksudkan agar configurasi network yang kosong akan terisi dengan configurasi dari firmware sebelumnya.

Untuk firmware yang tidak bermasalah barangkali dibuang saja centangnya. Tadi juga sempat saya coba mau diflash menggunakan command line seperti tutorial yang dishare Mang Nanay (seperti hari-hari sebelumnya ketika mau flash ke firmware pabrikan), hanya saja karena file firmware tidak bisa saya upload ke router lewat scp maka tidak bisa saya lakukan.

Sampai di sini dulu.
Setelah ExtRoot
Lessons learned:
Selalu gunakan firmware OpenWrt yang ada LuCI secara default.
Centang 'Keep settings' jika ragu dengan firmware baru yang akan digunakan upgrade.
Jangan keburu menyerah ketika terjadi brick, gunakan google atau search doc di group.

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts