Saturday, January 24, 2015

Upgrade Uboot 3.2 ke 3.6 Option GlobeSurfer X.1

Masih bolehlah dibilang trauma dengan proses upgrade uboot beberapa waktu lalu di Option GlobeSurfer X.1 STC yang telah menelan korban (bricked akut) satu router punya sepupu saya. Hari ini, tepatnya tengah malam ini (lagi-lagi waktu tengah malam saya kerjakan) saya memberanikan diri mengupgrade satu lagi Option GlobeSurfer X.1 yang belum lama ini saya beli lagi bersamaan dengan R101. Demi hobby dan belajar sebenarnya, tidak ada maksud untuk 'show off', hanya itu tujuan saya.

Nah, kali ini alhamdulillah, semuanya berjalan lancar. Compile di VPS menghasilkan file uboot.bin, dan baca-baca di TOH OpenWrt Wiki juga bilang kalo mau upgrade bootloader kita gunakan file binary .bin, terupgradelah bootloadernya ke versi 3.6.

Sebelum Upgrade
Setelah Upgrade
Saya pilih versi 3.6 karena versi ini untuk TFTP tidak masalah. Kebetulan di versi 3.2 (versi default Option GlobeSurfer X.1) terkendala di TFTP yang menyebabkan proses pemindahan file dari PC ke Router saat mau upgrade menjadi lambat karena hanya bisa dilakukan lewat serial.

Ok, selanjutnya adalah mencoba image OpenWrt ke router ini yang katanya compatible dengan Aztech HW553 (di TOH OpenWrt Wiki hanya ada HW550). Kita liat apa benar cocok.


3 comments:

  1. Kalo router globesurfer x1 terlanjur brick akut gimana ngefix nya gan? mohon petunjuknya !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo punya blower, barangkali ic tempat bootloadernya berada bisa diangkat dan diflash serta router bisa terselamatkan.

      Delete
    2. Juragan, bisikin tutorial upgradenya dong...

      Delete

Popular Posts